Tips dan Cara KPR Rumah di Bank BTN dengan Simulasinya

Cara KPR rumah di Bank BTN menjadi hal yang cukup penting dan dicari oleh masyarakat ketika akan melakukan KPR melalui Bank. Seperti yang diketahui, dalam melakukan kredit rumah, pada dasarnya bisa dilakukan dengan dua metode, langsung ke pihak pengembang properti atau dengan melalui pihak Bank dan lembaga keuangan lainnya. KPR inilah yang diberlakukan oleh Bank.

Ketika Anda mengajukan kredit bahkan pinjaman, tentunya Anda tidak akan terbebas dari penghitungan biaya dan prosedur yang harus dijalani. Sama halnya dengan melakukan kredit rumah, tentu ada serangkaian langkah yang harus Anda lakukan. Lalu, bagaimana cara melakukan kredit rumah di bank, khususnya Bank BTN? Sebelum masuk pada caranya, sebaiknya simak terlebih dahulu apa saja yang harus disiapkan sebelum kredit rumah.

Persiapkan Keinginan dan Kebutuhan Hunian Anda

Sebelum melakukan kredit rumah, tentu hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan jenis rumah seperti apa yang Anda inginkan. Tak hanya yang diinginkan, lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan Anda. ketika Anda sudah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, selanjutnya adalah menghubungkannya dengan kesanggupan Anda. Anda bisa membuat kisaran harga yang Anda inginkan, baru memilih rumah yang sesuai dengan kisaran harga yang Anda sanggupi.

Pilih Penyedia Layanan KPR

Menentukan jenis rumah dan harga yang sesuai itu tidak sampai menyelesaikan semuanya. Setelah Anda tahu gambaran kasar rumah yang diinginkan bersamaan dengan kisaran harga yang Anda bisa, maka Anda tinggal mencari penyedia KPR yang sesuai. Misalnya saja Anda akan melakukan kredit rumah di Bank BTN, maka Anda pun harus mencari tahu lebih lanjut mengenai bank tersebut.

Beberapa hal yang harus Anda ketahui seperti lokasi bank yang bisa digunakan untuk Anda mengurus surat menyurat perihal KPR dan urusannya, hingga track record. Pada dasarnya, bank BTN ini tentu sudah diakui keberadaannya oleh lembaga nasional yang berwenang, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan legalitasnya. Namun untuk perihal KPR, setidaknya Anda harus mencari informasi mendetil tentang prosedur KPR tersebut.

Pahami Istilah-istilah Berikut

Ketika Anda melakukan pinjaman atau kredit, tentunya akan banyak istilah yang muncul dan mungkin terdengar asing bagi Anda. untuk itu, penting sekali untuk Anda mengetahui beberapa istilah yang nantinya akan muncul ketika Anda melakukan KPR di bank. Istilah apa sajakah itu?

  • Jumlah Pinjaman

Ketika Anda melakukan kredit rumah, berarti Anda meminjam di bank. Jumlah pinjaman ini berarti jumlah harga yang nantinya akan Anda bayarkan dari harga jual rumah secara keseluruhan.

  • Tenor

Istilah ini merujuk pada kisaran waktu atau jangka waktu untuk Anda menyelesaikan semua pembayaran. Anda bisa menentukan jangka waktu ini sesuai keinginan Anda, sesuai dengan kemampuan Anda bisa melunasi biaya kredit yang ditawarkan.

  • Bunga

Tentu Anda tidak asing dengan bunga ini, bukan? namun, bunga ini bukanlah tanaman, melainkan persentase dari jumlah uang yang harus Anda bayar di mana uang ini dibebankan oleh penyedia KPR dalam hitungan tahun.

  • Estimasi Cicilan

Sedangkan istilah ini merupakan sebuah perkiraan yang akan menunjukan jumlah uang harus Anda bayar selama masa tenor. Jumlah ini gabungan dari harga rumah dan total bunga.

Cara KPR di Bank BTN

Setelah Anda melihat beberapa hal yang sebaiknya harus Anda perhatikan sebelum melakukan kredit rumah, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan kredit pemilikan rumah. Khususnya untuk bank BTN, berikut ini adalah cara KPR rumah di Bank BTN.

  • Tentukan Jenis Kredit

Cara KPR yang pertama adalah menentukan jenis kredit rumah Anda, apakah untuk KPR Subsidi, Platinum, dan sebagainya. Bahkan sebagai bank yang menjadi pelopor, BTN juga menawarkan jenis KPR murah yang dikenal dengan nama KPR BTN Mikro.

  • Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Adapun beberapa ketentuan ketika mengajukan KPR di Bank BTN, yaitu:

  1. WNI berusia minimal 21 tahun/ sudah menikah, maksimal 65 tahun dan sudah bekerja minimal 1 tahun.
  2. Mempunyai asuransi (jiwa dan kebakaran) dengan syarat Banker Clause
  3. Menandatangani perjanjian kredit juga Akta Pembebanan Hak Tanggungan
  4. Pembayaran cicilan dengan auto debet dari rekening  Anda di bank BTN
  5. Menyiapkan beberapa kelengkapan dokumen yang diperlukan seperti form kredit, fotokopi KTP, Kartu Keluarga, NPWP, slip gaji, dan berkas lainnya.
  6. Datang langsung ke bank BTN yang bersangkutan, hubungi pihak bank yang menangani proses KPR dan ikuti sesuai instruksinya.
  • Memerhatikan Keunggulan KPR BTN

Setelah Anda mengetahui beberapa hal tentang cara KPR rumah di bank BTN selanjutnya Anda pun harus mengetahui bagaimana keunggulan melakukan KPR di bank ini. Ketika Anda melakukan kredit rumah di bank BTN, maka Anda akan mendapatkan suku bunga yang kompetitif dengan proses cepat juga mudah. Jangka waktu untuk cicilan pun lebih fleksibel bahkan bisa sampai 25 tahun lamanya sehingga tidak memberatkan. Selain bekerjasama dengan berbagai developer terkemuka, bank ini pun bekerjasama dengan beberapa unit asuransi jiwa, kebakaran dan sebagainya.

Lakukan Simulasi

Pada dasarnya, melakukan simulasi berarti melakukan kalkulasi atau penghitungan tentang biaya apa saja yang harus Anda bayarkan ketika melakukan KPR. Penghitungan ini bertujuan untuk membuat gambaran mengenai kisaran harga cicilan, sehingga Anda bisa melakukan persiapan terlebih dahulu. Melakukan simulasi pun bisa membuat Anda tahu perihal waktu yang dibutuhkan untuk melunasi pembayarannya, hingga hal-hal lain yang berhubungan dengan pembayaran.

Anda bisa melakukan simulasi ini terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda langsung mengajukan kredit kepada pihak bank. Di bank BTN sendiri, untuk melakukan simulasi kredit sangat mudah. bahkan bisa dilakukan secara online melalui gadget Anda yang terkoneksi dengan jaringan internet. Namun, sebelum Anda melakukan simulasi, tentunya Anda harus sudah tahu berapa harga rumah yang akan Anda kredit beserta bunganya.

Untuk melakukan simulasi KPR ini, maka Anda bisa langsung mengunjungi laman situs bank BTN. Nantinya Anda akan menemukan kategori halaman untuk melakukan simulasi KPR secara online. Di halaman tersebut, Anda akan dihadapkan pada beberapa istilah seperti harga properti, uang muka, jumlah bunga, tenor dan sebagainya. Anda tinggal masukkan data yang Anda inginkan atau data yang sudah Anda cari tahu sebelumnya.

Misalnya saja Anda akan melakukan kredit rumah dengan harga Rp. 350 juta, sedangkan suku bunganya sebesar 8 % dalam jangka waktu atau tenor selama 10 tahun dan uang muka Rp.70 juta. Anda tinggal klik “hitung”, nanti pun akan keluar hasil dari kalkulasi tersebut berupa jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan dalam jangka waktu tersebut.

Pada dasarnya, mengajukan KPR kepada bank tidaklah sulit. setidaknya, Anda sudah memenuhi beberapa persyaratan yang menjadi ketentuan pemberlakukan kredit rumah tersebut. Jika semua ketentuan dan syarat sudah dipenuhi, tentu proses KPR pun jadi mudah dan cepat. Nah, itulah cara KPR rumah di Bank BTN beserta uraian lengkap tips dan simulasinya. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *