Perumahan Bersubsidi Pemerintah Di Bandar Lampung

Bandar Lampung adalah salah satu provinsi yang termasuk dalam Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah. Perumahan Subsidi Bandar Lampung ini diberikan dengan harga yang disesuaikan dengan penghasilan penduduknya seperti yang tertera di Undang – Undang pemerintahan pusat.

Nah, Anda warga Bandar Lampung kini juga mempunyai kesempatan seperti daerah-daerah lainnya untuk mempunyai rumah dengan harga di bawah pasaran umum serta kemudahan dalam melakukan pembayaran atau pencicilan kredit rumah.

Sekilas Mengenai Bandar Lampung dan Keindahannya

Bandar Lampung, pada mulanya merupakan dua kota yaitu Tanjungkarang dan Teluk betung. Tanjungkarang yang berlokasi di di sebuah bukit sedangkan Telukbetung berlokasi di tepian pantai. Kedua kota tersebut kemudian menyatu menjadi kota baru dengan nama Bandar Lampung. Kota ini menjadi kota terbesar nomer 4 di Sumatra. Secara umum prasarana yang tersedia adalah pusat perbelanjaan, kereta api, bus dalam kota dan juga taksi sebagai sarana transportasi.

Ada sejarah yang menceritakan mengenai gelombang pasang yang menyerang Telukbetung saat meletusnya Gunung Krakatau di masa lalu yang hampir sebagian dari korbannya adalah penduduk Telukbetung. Untuk mengenangnya sebuah monumen Rambu Laut didirikan di sebuah bukit di Telukbetung.

Mengenai Perumahan Bersubsidi Pemerintah Di Bandar Lampung

Kebutuhan akan rumah dengan harga rumah seolah semakin menjulang tinggi namun sering tidak diimbangi dengan pendapatan yang tinggi juga oleh calon pembelinya. Hal tersebutlah yang membuat pemerintah pada akhirnya turun tangan dengan mempersembahkan perumahan subsidi Bandar Lampung melalui program pemerintah yaitu Program Sejuta Rumah.

Program Sejuta Rumah ini dicanangkan oleh Presiden sendiri yaitu Bapak Joko Widodo di tahun 2015 sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang belum mempunyai hunian yang layak utamanya dengan ekonomi menengah ke bawah.

Dengan adanya program ini juga diharapkan mampu meningkatkan keinginan masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah dalam memiliki rumah. Karena pemerintah memberikan berbagai kemudahan menggunakan program ini bagi masyarakatnya.

Mempunyai Dukungan Dari Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Sejahtera FLPP

Selain harga murah yang ditawarkan, pemerintah juga memberikan Kredit Kepemilikan Rumah yang biasa disingkat dengan KPR rumah bersubsidi yang disebut dengan KPR Sejahtera FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan. Program ini diberikan kepada masyarakat yang benar – benar memang berasal dari keluarga yang berpenghasilan menengah ke bawah. Selain itu, program ini diprioritaskan bagi mereka yang belum pernah mempunyai rumah.

Pemerintah bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) dalam hal pembayaran angsuran rumah ini. suku bunga KPR yang dibebankan kepada calon pembeli hanya sebesar 5 % saja beda halnya dengan suku bunga komersial yang bisa mencapai 11 – 15 %, yang oleh pemerintah memang disesuaikan dengan pendapatan calon pembeli rumah.

Kemudahan lainnya yang diberikan oleh pemerintah kepada calon pemilik perumahan subsidi Bandar Lampung ialah mengenai down payment (DP) atau uang muka untuk calon pemilik rumah bersubsidi hanya sebesar 1 % dari total harga rumah. Sedangkan untuk KPR yang biasa menggunakan uang muka sebesar 10 % dari total harga rumah yang akan dibeli.

Subsidi yang diberikan pemerintah tersebut diharapkan mampu meningkatkan gairah developer pemurahan dalam membangun rumah untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Karena semakin banyaknya segmen pasar yang dituju oleh developer mulai dari yang berpenghasilan sangat besar hingga yang terendah.

Sasaran Program Sejuta Rumah di Bandar Lampung

Program yang digerakkan oleh pemerintahan pusat dengan pemerintahan daerah dan juga developer ini serta masyarakat dalam perwujudan memenuhi kebutuhan akan hunian yang layak. Ada 2 jenis perumahan subsidi Bandar Lampung yang akan dibangun pemerintah dengan menggunakan Program Sejuta Rumah ini adalah Rumah Setapak dan Susun.

Jika yang Anda inginkan adalah rumah setapak maka penghasilan calon pemilik rumah maksimal sebesar 4 juta rupiah setiap bulannya. Sedangkan untuk bisa mempunyai rumah susun, maka pendapatan Anda tidak boleh lebih dari 7 juta rupiah.

Lokasi Populer Perumahan Bersubsidi Pemerintah Di Bandar Lampung

Program Sejuta Rumah ini merata ke seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Berikut ini rencana Program Sejuta Rumah yang dibangun sejak tahun 2015 dengan estimasi unit rumah sebanyak: 9.032 unit rumah untuk Bandar Lampung dan masih banyak unit rumah lagi yang dibangun  dari Sabang sampai Merauke.

Harga yang ditawarkan untuk perumahan subsidi Bandar Lampung adalah Rp. 110.500.000 rupiah sesuai dengan aturan yang tertera di Undang-Undang untuk Pulau Sumatra kecuali Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Sedangkan untuk Jakarta Rp. 110.500.000,-, Sulawesi Rp. 116.000.000,-, Kalimantan Rp. 121.000.000,-, Bali dan Nusa Tenggara Rp. 126.500.000,-, Papua Rp. 174.000.000,-, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung Rp. 116.000.000,- dan untuk daerah Jabodetabek Rp. 126.500.000.

Harga perumahan bersubsidi yang paling mahal di pegang oleh Provinsi Papua dan Papua Barat karena material bahan bangunan disana pun juga memiliki harga yang mahal sehingga menyesuaikan.

Cara Mendapatkan Perumahan Bersubsidi Pemerintah Di Bandar Lampung

Keberadaan Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR ini sangat membantu meringankan masyarakat dalam mewujudkan rumah impian dengan budget yang disesuaikan dengan pendapatan masyarakat sendiri yang juga terbatas. Namun tetap ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan agar rumah bersubsidi ini jatuh di tangan yang tepat.

Program yang diperuntukkan bagi mereka yang berpenghasilan menengah ke bawah ini dan memang orang – orang yang belum pernah mempunyai rumah sama sekali sebelumnya. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa memperoleh rumah bersubsidi dari pemerintah, antara lain:

  1. Mempunyai penghasilan yang sesuai dengan ketentuan
  2. Jarak rumah dengan lokasi bekerja
  3. Kredit Mobil
  4. Kredit Motor
  5. Status dalam bekerja
  6. Cicilan rumah atau apartemen
  7. Mempunyai NPWP
  8. Rumah nantinya dihuni sendiri oleh pembeli atau tidak diberikan ke orang lain
  9. Belum pernah menerima subsidi pemerintah

Saat akan mengajukan cicilan rumah, bank umumnya akan mencari tahu dengan melihat kondisi finansial Anda serta hal lainnya yang berkaitan dengan dunia perbankan. Tentu jangan sampai Anda adalah satu orang yang terkena black list oleh bank yang otomatis akan membuat jalan Anda terhambat dalam memiliki rumah bersubsidi ini. Karena black list tersebut membuat nama Anda tercoreng di mata Bank Indonesia pastinya.

Sebaiknya sebelum Anda mengajukan KPR utamanya ialah mengetahui dengan pasti status yang Anda miliki di hadapan Bank Indonesia yang bisa dengan mudah melalui situs atau website bank tersebut.

Mendapatkan rumah dengan harga murah maupun dengan subsidi pemerintah tentu menjadi dambaan bagi mereka yang mempunyai penghasilan cekak. Namun tetap mewaspadai mengenai syarat dan ketentuan yang diajukan agar Anda tidak merugikan orang lain. Pastikan diri Anda memang membutuhkan perumahan subsidi Bandar Lampung karena memang termasuk dalam masyarakat berekonomi menengah ke bawah. Jangan sampai merugikan orang lain yang lebih membutuhkan

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *