Ciri Ciri Rumah Subsidi dari Pemerintah

Rumah Subsidi dari Pemerintah berbeda dengan rumah murah. Kini perumahan di Bandar Lampung juga masuk dalam jangkauan area rumah subsidi pemerinah. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri utama yang membedakan rumah subsidi pemerintah dengan rumah murah.

  1. Dari segi harga dan angsuran

Dari segi harga pastinya rumah ini sangat terjangkau. Jika rumah mewah adalah rumah yang berharga di kisaran 300 hingga 500 juta Rupiah, maka rumah bersubsidi bisa lebih murah lagi. Harganya jika di rata rata adalah 140 juta Rupiah. Harga yang digunakan adalah harga rata rata karena memang harga rumah bersubsidi di tiap kota di tanah air memang berbeda beda. Untuk angsurannya sendiri, bisa diangsung dengan bunga rendah, bunga tetap yang sangat panjang bahkan hingga sampai lunas, dan mempunyai tenor yang sangat panjang. Suku bunga yang ditetapkan sendiri hanya berkisar 7 persen, dan benar benar di bawah suku bunga KPR normal yang bisa mencapai 8 hingga 9 persen. Semua kemudahan ini bukanlah karena mengesampingkan pelayanan, dan juga kualitas, namun memang karena semua ini di subsidi oleh pemerintah, alias sisa atau kekurangannya diambil dari kantong pemerintah secara langsung.

  1. Dari segi lokasi

Dari segi lokasi, rumah bersubsidi oleh pemerintah umumnya mengambil kawasan kawasan yang sedan akan berkembang. Kawasan yang berkembang itu dapat berupa kota, kawasan industri, dan lain lainnya. Prospek perkembangannya hingga mencapai tahap sempurna umumnya membutuhkan waktu 5 hingga 10 tahun. Sebagai pembeli tidak perlu kuatir karena akses jalan raya, dan juga transportasi publik umumnya sudah di bangun di daerah sekitar perumahan bersubsidi, jauh sebelum perumahan dibangun. Umumnya daerah yang dipilih juga tidak akan membutuhkan jarak yang lebih dari 20 km untuk mencapai titik pusat keramaian terdekat. Sayangnya hal ini tidak berlaku bagi seluruh rumah bersubsidi pemerintah, karena ada juga lokasi yang dipilih adalah lokasi persawahan, yang jarang dilalui oleh transportasi publik. Jadi bagi para pembeli rumah bersubsidi sangat disarankan untuk minimal sudah mempunyai kendaraan sendiri berupa  sepeda motor untuk sarana transportasi.

  1. Dari segi bangunan

Jika dilihat dari segi bangunan maka rumah bersubsidi tidak akan mempunyai ukuran yang besar. Luas tanah yang dijadikan pijakan rumah tidak akan lebih dari 60 meter kubik. Sedangkan tipe rumah yang ditawarkan hanya ada tiga tipe yaitu tipe 22, tipe 29, dan paling besar adalah tipe 36. Jadi rumah tersebut memang diperuntukkan pula untuk mendukung program pemerintah dengan slogan dua anak cukup. Ya rumah bersubsidi ini memang hanya cocok untuk dihuni maksimal oleh 4 orang saja (suami, istri, dan dua orang anak).

Bagi yang belum punya rumah pribadi, segeralah miliki Rumah Subsidi dari Pemerintah sebelum kehabisan dan harganya naik.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *