Cara Mendaftar KPR Di Bank BTN Yang Wajib Diketahui

Cara KPR rumah di bank BTN pastinya harus Anda ketahui demi mendapatkan kemudahan dalam memiliki rumah ini, mengingat beberapa orang masih belum mengetahui bagaimana cara mendaftar yang benar sehingga Anda bisa mendapatkan rumah ini. Apalagi bank BTN merupakan salah satu bank yang melayani dalam pembelian rumah bersubsidi ini, sehingga terdapat beberapa peraturan dan alur yang ditetapkan oleh bank ini. Apalagi mendapatkan rumah KPR bukanlah perkara yang mudah, walaupun Anda memenuhi syarat namun bukan berarti Anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Sebab terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan rumah ini, salah satunya adalah kemampuan dalam membayar rumah ini. Karena walaupun murah namun masih terdapat beberapa orang yang telat membayar bahkan macet membayar.

  1. Mencari lokasi rumah

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam cara KPR di bank BTN adalah dengan mencari lokasi rumah yang Anda inginkan. Apabila Anda tidak mengetahui info mengenai rumah yang ingin dibeli maka dapat mencari info seperti dengan mendatangi outlet BTN, mengikuti pameran properti, maupun membuka situs yang disediakan oleh pihak bank BTN.  Tentunya pemilihan lokasi rumah ini dapat Anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti dekat dengan kota ataupun di daerah pedesaan maupun dekat dengan tempat bekerja. Tentunya proses pemilihan lokasi rumah ini Anda yang menentukan bukan pihak bank.

  1. Menyiapkan dokumen

Setelah Anda menemukan lokasi rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Anda bisa mencari info mengenai dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK, hingga buku nikah. Tentunya dokumen ini harus lengkap demi kenyamanan dalam mendaftar nanti, sebab apabila Anda tidak lengkap menyiapkannya maka yang akan direpotkan adalah Anda sendiri. Oleh sebab itu sebelum mendaftar ada baiknya menyiapkan dokumen dengan lengkap.

  1. Memberikan berkas

Setelah semua dokumen telah siap maka Anda bisa memberikan berkas tersebut kepada pihak bank, nantinya berkas tersebut akan diproses oleh pihak bank seperti verifikasi data, Sistem Layanan Informasi Keuangan, dan analisa lainnya. Hal ini bertujuan agar pihak bank mengetahui apakah data yang Anda miliki benar serta apakah Anda sanggup membayar cicilan rumah sehingga tidak akan macet. Apabila permohonan tersebut diterima maka Anda harus menyiapkan kecukupan dana pada tabungan di bank BTN. Setelah itu nantinya Anda akan melakukan perjanjian kredit dengan pihak bank, kemudian proses pencairan akan dilakukan sehingga Anda bisa mendapatkan rumah yang diinginkan. Tentunya cara KPR di bank BTN ini sangat mudah asal Anda mempersiapkan dokumen dan syarat dengan baik dan lengkap sehingga tidak akan memakan waktu yang lama untuk mendapatkan rumah.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *