Cara Kredit Rumah KPR

Cara kredit rumah KPR tentunya wajib Anda ketahui, sebab dengan adanya hal ini maka akan membantu Anda dalam mendapatkan rumah. Tentunya rumah merupakan salah satu kebutuhan saat ini, dimana dengan adanya rumah maka Anda bisa mendapatkan tempat tinggal yang membantu Anda dalam terhindar dari panas dan hujan serta dengan adanya rumah maka akan ada tempat untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Namun untuk mendapatkan rumah bukanlah perkara yang mudah sebab harga rumah yang terus meningkat setiap tahunnya, sehingga beberapa orang yang memiliki budget terbatas tentunya tidak bisa membuat rumah maupun membeli rumah yang sudah jadi. Oleh sebab itu menggunakan KPR merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan dalam mendapatkan rumah, sebab Anda dapat membayar secara mencicil setiap bulannya sehingga tidak akan memberatkan dibandingkan membeli rumah secara kontan. Namun hingga saat ini terdapat beberapa orang yang belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan kredit rumah KPR, oleh sebab itu dengan adanya info ini maka Anda bisa mendapatkan pengetahuan yang akan mempermudah Anda dalam mengajukan KPR nanti.

  1. Menemukan rumah yang akan dibeli

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah menemukan rumah yang akan dibeli nanti, dimana hal ini sangat penting mengingat tujuan awal Anda adalah memilih rumah walaupun dengan cara dicicil. Untuk menemukan rumah yang akan dibeli tentunya tidak bisa sembarangan, dimana terdapat 2 cara. Untuk cara pertama adalah Anda dapat mendatangi bank yang bisa diajak bekerjasama mengenai hal ini, kemudian mintalah informasi mengenai lokasi rumah untuk kredit KPR yang tersedia. Sebab biasanya bank bekerja sama dengan developer mengenai hal ini, tentunya bank nantinya akan memberikan info sehingga apabila Anda berminat maka dapat mendatangi rumah tersebut langsung untuk melihat kondisinya. Untuk cara yang kedua adalah Anda dapat mencari rumah melalui koran, internet, dan iklan lainnya mengenai rumah KPR, pastinya untuk mempermudah Anda dalam menemukan rumah yang tepat maka carilah info sebanyak-banyaknya sehingga apabila satu rumah tidak cocok dengan Anda maka ada rumah lainnya. Pastinya semakin banyak info yang Anda dapatkan maka semakin banyak ragam rumah yang didapatkan sehingga semakin mudah untuk memilih yang sesuai dengan selera.

  1. Mencari info mengenai rumah tersebut

Apabila Anda sudah menemukan rumah yang tepat maka cara kredit rumah KPR lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari berbagai info mengenai rumah tersebut. Hal ini bertujuan untuk kenyamanan dan kejelasan ke depannya sehingga Anda tidak bingung, tanyalah kepada pihak bank mengenai cicilannya, biaya tanda jadi hingga status rumah tersebut apakah sudah dibangun atau tidak. Jangan lupa pula untuk menanyakan fisik rumah, seperti desainnya, lokasinya, dan fasilitas yang diberikan. Tentunya dengan hal ini maka Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai rumah tersebut apakah nyaman atau tidak, namun apabila rumah tersebut baru akan dibangun apabila Anda memberikan tanda jadi maka Anda harus bertanya berapa lama waktu yang diperlukan untuk membangun rumah tersebut. Jadi Anda bisa mengetahui kapan harus menempati rumah tersebut sehingga dengan bertanya maka Anda bisa mengetahui dengan jelas dan tidak akan terjadi kesalahpahaman ke depannya.

  1. Membayar tanda jadi   

Apabila Anda sudah cocok dengan rumah tersebut maka Anda harus membayar tanda jadi, sebenarnya terdapat manfaat yang besar di balik tanda jadi ini. Sebab tanda jadi ini bisa menjadi salah bukti bahwa Anda telah memesan rumah tersebut, sehingga rumah tersebut tidak dapat dijual maupun dibeli oleh orang lainnya. Serta cara ini juga dapat membantu agar harga rumah tidak naik apabila tidak segera dibayar lunas, namun untuk peraturan proses pembayaran tanda jadi ini maka setiap developer memiliki peraturan tersendiri. Beberapa developer ada yang membebaskan calon konsumennya, ada yang harus membayar uang muka dalam kurun waktu tertentu, dan ada pula yang memiliki peraturan bahwa uang muka dapat hangus apabila tidak jadi membeli rumah tersebut. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda bertanya dengan jelas mengenai uang tanda jadi ini agar Anda tidak rugi, apalagi jika sudah membayar sejumlah uang dalam jumlah yang banyak sehingga sangat disayangkan jika hangus.

  1. Membayar uang muka

Cara kredit rumah KPR lainnya adalah dengan membayar uang muka, dimana uang muka ini harus anda bayar setelah membayar tanda jadi. Namun beberapa developer memiliki peraturan bahwa pembayaran tanda jadi termasuk dalam bagian uang muka, tentunya peraturan ini akan sangat memudahkan Anda karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Sebab Ada hanya perlu membayar uang sisanya saja, apabila Anda sudah membayar uang muka kepada developer namun ditolak oleh pihak bank setelah mengajukan KPR maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab nantinya uang muka tersebut nantinya akan dibayar kembali sehingga Anda tidak akan rugi, apalagi uang muka yang dibayarkan tidaklah sedikit sehingga Anda tidak perlu takut.

  1. Mengajukan KPR kepada pihak bank

Apabila uang muka telah dibayar maka Anda harus mengajukan KPR kepada pihak bank yang bisa bekerja sama dengan Anda, tentunya pada proses ini Anda tidak akan sendiri. Sebab biasanya developer akan mendampingi dan membantu Anda sehingga tidak akan kebingungan, apalagi jika bank tersebut telah bekerja sama dengan developer tersebut. Akan tetapi jika Anda memilih bank yang tidak bekerjasama dengan developer tersebut maka Anda harus melakukan proses pengajuan sendiri, hal ini tentunya sangat merepotkan serta akan membuat anda bingung. Apalagi jika Anda baru pertama sekali melakukan pengajuan KPR, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda bekerjasama dengan developer apabila ingin mendapatkan rumah dalam waktu yang cepat. Tentunya nantinya pihak bank akan memberikan beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi seperti fotocopy KTP, KK, dan masih banyak lainnya. Untuk proses pengajuan KPR ini sendiri biasanya memakan waktu yang tidaklah cepat dimana pada umumnya adalah 1 bulan. Nantinya dalam waktu 1 bulan ini maka pihak bank akan melakukan survey seperti survey mengenai dimana Anda bekerja, mengecek ke BI apakah Anda dan keluarga memiliki permasalahan mengenai kredit, serta melakukan wawancara mengenai kondisi keuangan Anda.

Tentunya dalam proses ini bank akan sangat menilai mengenai kemampuan finansial Anda apakah mampu membayar cicilan atau tidak, pada umumnya bank akan memberikan syarat mengenai cicilan maksimalnya yaitu 30% dari gaji. Serta terdapat beberapa bank yang mengizinkan 40% dari gaji bahkan ada yang mengizinkan bahwa penghasilan suami dan istri dapat digabung. Hal ini tentunya disesuaikan dengan peraturan dari bank tersebut sehingga Anda harus mengetahui pasti agar tidak terjadi kesalahpahaman. Oleh sebab itu Anda harus sangat memperhatikan mengenai cara kredit rumah KPR ini

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *