6 Tips Kredit Rumah Murah di Bandar Lampung

Kredit rumah murah di Bandar Lampung tentunya jadi keinginan masyarakat yang menginginkan hunian di kawasan tersebut.  Meskipun tidak seperti di kota-kota besar lainnya yang padat penduduk dan tentunya banyak masyarakat mencari rumah, di kota ini pun tidak jarang masyarakat mencari informasi mengenai kredit rumah. Apalagi kawasan tersebut pun saat ini sudah cukup ramai penduduk hingga destinasi wisata.

Pada dasarnya, kredit rumah bisa dilakukan oleh siapa saja. Asalkan, Anda mampu melakukan pembayaran sesuai ketentuan. Begitu pun juga dengan pilihan penyedia kredit yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan juga kebutuhan. Namun, sebelum Anda melakukan kredit rumah, tentunya ingin harga yang terjangkau, bukan? Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk Anda mendapatkan kredit hunian murah di daerah Bandar Lampung.

  1. Cari Pengembang yang Legal

Bagi sebagian orang, ternyata mencari hunian tempat tinggal tidak semudah membeli makanan atau barang lain. Tentunya, Anda harus pandai-pandai dalam memilih dan menentukannya sebab rumah ini berhubungan langsung dengan kenyamanan Anda nantinya. Salah satu tips saat Anda akan membeli rumah kredit dengan tepat dan berharga murah adalah membelinya langsung kepada developer hunian tersebut.

Anda juga harus memerhatikan kelegalan dari pengembangnya. Seperti yang diketahui, untuk kredit rumah, Anda bisa langsung menggunakan metode lewat bank yang disebut KPR, atau langsung melalui pengembang propertinya. Namun tips pertama yang bisa Anda ikuti adalah membelinya langsung di developer dengan catatan Anda tahu pasti siapa pengembangnya.

Keuntungan memilih pembelian rumah langsung dari developer biasanya harga yang ditawarkan adalah harga asli. Sedangkan jika di agen atau penawar-penawar lain yang sering disebut sebagai pihak ketiga, tentunya akan memberlakukan tambahan biaya yang pastinya lebih mahal dari harga langsung di developer. Namun, Anda juga harus perhatikan bagaimana track record dari pengembang rumah tersebut, apakah baik dan terpercaya atau tidak.

  1. Kredit di Bank Terpercaya

Selain melakukan kredit langsung di developer agar mendapatkan harga yang lebih murah, Anda juga bisa mencoba lakukan kredit di salah satu bank. Seperti yang sudah diketahui oleh masyarakat bahwa bank juga seringkali mengadakan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah bagi Anda yang ingin memiliki rumah namun terkendala biaya untuk melakukan pembelian secara langsung.

Meskipun memang kredit ini biasanya disertai dengan beberapa biaya tambahan termasuk bunga di dalam pembayarannya, namun jika Anda memilih bank yang tepat, maka bisa saja Anda mendapatkan harga terbaik. Untuk itu, sebelum melakukan kredit rumah di bank, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bagaimana ketentuan dan kebijakan yang diberlakukan oleh penyedia kredit rumah dari bank tersebut.

  1. Pilih Rumah Sesuai Dengan Kebutuhan

Ketika Anda sudah menentukan di mana tempat atau penyedia yang akan memberikan kredit rumah, selanjutnya Anda tentukan rumah yang akan dikredit. Dalam memilih jenis rumah atau tipe rumah, sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.  Kredit rumah murah di Bandar Lampung tentunya banyak sekali jenis rumah yang ditawarkan beserta fasilitasnya.

Agar harga lebih murah, tentu pilih rumah yang memang sesuai dengan seberapa besar Anda bisa melakukan pembayaran nantinya. Saat melakukan kredit, tentu pembayaran akan dilakukan setiap bulan atau tergantung tenornya. Dari setiap tipe rumah, tentu menerapkan harga yang berbeda, untuk itu, pilihlah jenis dan tipe rumah di kawasan Bandar Lampung yang sesuai dengan kebutuhan juga kesanggupan Anda. Jangan sampai nantinya pepatah yang berbunyi “besar pasak daripada tiang” malah akan Anda alami di kemudian hari.

  1. Lihat Sistem Bunga

Produk atau barang apapun yang dikreditkan, tentu tidak akan lepas dari yang namanya bunga. Begitu halnya dengan melakukan kredit rumah di Bandar Lampung. Siapa pun yang jadi mitra Anda, pastinya akan ada pemberlakuan bunga dalam setiap pembayaran yang dibebankan. Sebelum Anda mengredit rumah, usahakan untuk memilih bunga dan harga yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Penting sekali untuk Anda melakukan tinjauan seberapa besar bunga yang diberlakukan oleh penyedia kredit seperti bank dengan KPR-nya. Untuk itu, sebelum Anda menyetujui kontrak kredit atau melakukan dealing untuk rumah Anda, teliti dulu dalam melihat bunga-bunga yang ada dalam cicilannya secara tepat. Lebih baik lagi jika pihak penyedia kredit langsung menjelaskannya secara terperinci dan Anda menanyakan langsung kisaran harganya. Pilihlah yang bunganya Anda sanggupi dan tentunya dengan persentase kecil.

  1. Pilih Jangka Waktu Kredit yang Tepat

Melihat jumlah bunga yang ditawarkan oleh pihak penyedia kredit tentunya belum cukup untuk menentukan perihal keterjangkauan harga kredit rumah yang Anda inginkan. Agar nantinya Anda tidak kelabakan dalam pembayaran cicilan, maka pilihlah jangka waktu kredit atau seringkali disebut tenor secara tepat.

Untuk menentukan jangka waktu tenor yang tepat, Anda bisa langsung menyesuaikannya dengan pemasukan yang Anda punya di setiap bulannya. Harga yang ditawarkan dalam setiap tenggat waktu, pastinya berbeda. Sebelum melakukan kredit, tentu Anda akan dihadapkan pada sekelumit besar kecilnya harga tergantung tenor. Pilih yang paling mendekati dengan jumlah bersih pemasukan Anda.

Meskipun begitu, yang paling penting adalah perhatikan kesanggupan Anda dengan pembayaran yang akan dilakukan. Agar tidak terlalu mahal, maka Anda bisa memilih jangka waktu kredit yang lebih panjang agar cicilannya lebih memudahkan. Namun, itu pun tergantung  pilihan dan keinginan Anda.

  1. Memilih Kredit dengan Rumah yang Sudah Jadi

Sebagian orang, kadang dibuat bingung untuk memilih kredit rumah murah di Bandar Lampung dalam bentuk jadi atau masih dalam tahap pembangunan. Jika Anda melihat dan mempertimbangkannya secara sekilas, pastinya akan dianggap sama saja. Namun, jika Anda lebih dalam lagi menelaahnya, ada perbedaan signifikan di antara keduanya.

Ketika Anda akan membeli rumah dengan sistem kredit, sebaiknya pilihlah rumah yang sudah jadi atau sudah dibangun. Apalagi jika kebutuhan akan rumah adalah mendesak, nantinya Anda bisa langsung menempati rumah yang Anda kredit. Berbeda dengan Anda melakukan kredit rumah dalam tahap pembangunan atau belum jadi (indent), tentu Anda tidak bisa langsung menempatinya.

Tak hanya itu, pasalnya, ketika Anda melakukan kredit rumah dengan sistem KPR, maka jenis jasa yang ditawarkan adalah jual beli atau kredit pinjam. Pihak bank secara tidak langsung membelikan rumah untuk Anda pada developer, nantinya rumah itu dijualkan pada Anda dengan pembayarannya dicicil. Jika rumah belum jadi, ketika dana sudah cair namun rumahnya belum jadi, tentu rugi bukan?

Pada dasarnya, mendapatkan kredit rumah yang murah itu mudah saja dilakukan. Yang paling penting, Anda harus benar-benar dalam memilih penyedianya dan sesuaikan masalah pembayaran sesuai kebutuhan. Nah, beberapa tips tersebut sebaiknya harus jadi pertimbangan dan Anda perhatikan ketika akan mengkredit rumah. Bagaimana pun, Anda harus bisa benar-benar menentukan rumah impian Anda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Hal ini berguna demi mewujudkan keinginan Anda untuk mendapatkan kredit rumah murah di Bandar Lampung  yang aman juga berkualita

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *