Daftar Perumahan Subsidi Pemerintah dan Harganya

Salah satu perumahan di Bandar Lampung juga ada yang masuk dalam Daftar Perumahan Subsidi Pemerintah. Bagi anda yang tertarik carilah dulu informasi sebanyak banyaknya. Berikut ini adalah informasi harga yang bisa anda gunakan sebagai salah satu patokan.

Rumah Landed

Akibat dari terbatasnya lahan yang ada, pemerintah membagi rumah bersubsidi menjadi dua kategori. Kategori yang pertama adalah rumah landed atau rumah yang sering kita jumpai pada umumnya. Tercatat ada sembilan daerah di Indonesia yang dijangkau oleh proyek rumah bersubsidi oleh pemerintah. Pertama adalah daerah Jawa, berlanjut ke Sumatra, dan membentang hingga Kalimantan. Tidak berhenti di situ proyek ini juga mencakup daerah Sulawesi, hingga Maluku, dan sampai ke Papua dan Papua Barat. Daerah Bali dan juga Nusa Tenggara juga tidak luput dari jangkauan proyek ini. Termasuk wilayah metropolitan terpadat di Indonesia yaitu Jabodetabek yang di dalamnya termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Untuk harga sendiri, paling murah berada di wilayah Jawa yang berharga 130 juta, namun tidak termasuk di daerah Jabodetabek, karena harganya mencapai 148 juta. Untuk harga termahal dipegang oleh daerah Papua, Papua Barat, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau. Harganya mencapai 205 juta Rupiah. Sedangkan harga di Sumatra kecuali daerah Riau dan Bangka Belitung mempunyai harga sama dengan tanah Jawa yaitu 130 juta Rupiah. Sedangkan daerah Sulawesi, Maluku, dan Bali hingga Nusa Tenggara mempunyai harga 136 juta, dan 148 juta. Untuk daerah Kalimantan rumah bersubsidi oleh pemerintah berharga 142 juta. Harga harga tersebut mengalami peningkatan setiap tahunnya, ambil saja contoh harga di Pulau Jawa pada tahun 2016 hanya berkisar 116 juta, dan pada tahun 2018 meningkat menjadi 130 juta Rupiah.

Rumah Susun

Akibat dari keterbatasan lahan maka pemerintah juga menyediakan alternatif berupa rumah susun. Harga untuk rumah susun ternyata lebih mahal ketimbang rumah landed. Untuk cakupannya sendiri masih sama dengan cakupan tipe rumah landed. Hanya saja pembagian harganya menjadi lebih kompleks dan lebih terperinci untuk masing masing provinsi. Untuk rentang harganya sendiri terbilang cukup jauh. Rekor termahal dipegang oleh provinsi Papua yang harganya mencapai hingga sekitar 565 juta Rupiah. Untuk harga termurah malah dipegang oleh provinsi Sulawesi Tengah yang harganya berkisar 248 juta Rupiah.

Kawasan Jabotedatek menjadi kawasan yang mempunyai harga tertinggi jika dibandingkan dengan wilayah daerah Jawa lainnya yang mempunyai harga sekitar 250 juta an. Ambil contoh harga di Jakarta Utara yang harganya mencapai sekitar 345 juta Rupiah, dan menjadi harga termahal untuk kawasan Jabodetabek. Untuk Provinsi Lampung sendiri, harga rumah susun bersubsidi adalah 288 juta Rupiah.

Itulah Daftar Perumahan Subsidi Pemerintah, tertarikkah anda untuk memilikinya?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *